Lengkapi Nutrisi dengan Protein Nabati untuk MPASI Terbaik

Lengkapi Nutrisi dengan Protein Nabati untuk MPASI Terbaik

Protein menjadi salah satu nutrisi penting bagi proses tumbuh kembang anak. Protein nabati untuk MPASI membantu pertumbuhan tulang, otot, dan antibodi dalam sistem kekebalan anak. Umumnya, protein masuk dalam menu MPASI bagi bayi yang sudah mulai belajar makan makanan padat.

Saat orang tua memperkenalkan makanan, rasa yang berbeda atau tidak biasa mungkin akan mengejutkannya. Jadi beri dia waktu untuk terbiasa dengan rasa baru ini.Di samping itu, orang tua perlu memperhatikan kebutuhan gizi dan gizi seimbang. 

Mengapa Protein Nabati untuk MPASI Berperan Penting?

Protein dalam asupan sehari-harinya akan mendukung tubuh untuk memproduksi darah, memaksimalkan pertumbuhan tulang, membentuk enzim, dan menumbuhkan sel-sel baru, terutama pada bayi dan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Manfaat lainnya dengan memberikan struktur pada tubuh, mendukung fungsi dasar tubuh seperti pencernaan, menjaga tingkat pH yang benar dalam tubuh, mendukung fungsi kekebalan tubuh, memastikan keseimbangan cairan dalam darah, hingga menyediakan bahan bakar dan energi yang anak butuhkan.

Kebutuhan protein setiap anak bergantung pada usia, jenis kelamin, dan berat badan. Jika seorang anak tidak mendapatkan cukup protein, ada berbagai macam risiko yang mungkin saja bisa dihadapinya. Seperti pertumbuhan yang terlambat, rentan terhadap infeksi, kulit bersisik, rambut tumbuh tipis (rambut jagung), dan lain-lain.

Sumber Protein Nabati untuk MPASI

Apa saja sumber protein nabati yang cocok menjadi campuran bahan pada MPASI? Berikut beberapa di antaranya:

Tahu

Pertama, ada tahu sebagai sumber protein nabati yang paling mudah ditemukan. Tidak hanya itu, tahu pun  mudah diolah sebagai makanan. Tetapi, orang tua juga harus berhati-hati saat memperkenalkan tahu =kepada anak, karena ada sebagian anak yang alergi terhadap kedelai.

Tahu berasal dari kedelai dan merupakan sumber protein nabati zat besi, kalsium dan isoflavon sebagai antioksidan.

Tempe

Produk lain yang berasal dari fermentasi kedelai adalah tempe. Tempe mengandung protein nabati yang baik untuk anak-anak. Tempe juga mengandung serat dan zat besi untuk mendukung tumbuh kembang bayi Anda.

Kacang-Kacangan

Kacang dan lentil mengandung protein, serat, asam folat, kalium dan magnesium. Kacang-kacangan adalah sumber protein yang sangat baik, termasuk kacang tanah, almond, kacang hijau, kacang hijau, dan kenari.

Alpukat

Selanjutnya, ada Alpukat  yang merupakan buah protein nabati untuk MPASI dan banyak dipilih orang tua. Melansir jurnal dari Cleveland Clinic, selain mengandung protein nabati, alpukat juga mengandung kandungan baik lainnya  seperti serat, asam folat, dan lemak baik. Alpukat juga dikenal bermanfaat untuk pencernaan dan mendukung perkembangan otak bayi.

Brokoli

Jenis sayuran hijau seperti Brokoli pun tidak kalah populer. Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya serat makanan, karbohidrat dan mineral lainnya, serta protein. Sayuran satu ini bisa diolah menjadi camilan untuk anak-anak.

Jagung

Kemudian sayuran lain yang cocok untuk menu MPASI yaitu jagung. Sayuran ini juga merupakan sumber protein nabati dan memiliki banyak manfaat. Beberapa nutrisi dalam jagung yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak Anda adalah potasium, zat besi, magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin A.

Nutrisi Ragi (Nutritional Yeast)

Nutrisi Ragi adalah sumber vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi. Nutrisi ragi bermanfaat dalam membantu meningkatkan energi, mendukung sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan menyehatkan kulit, rambut, dan kuku.

Selain dalam pemilihan bahan-bahan, penyajian campuran protein nabati untuk MPASI juga harus memperhatikan cara mengolahnya. Pastikan tekstur sudah sesuai untuk hindari bayi dan anak tersedak.

Leave a Reply