Ini 7 Tanda Hamil Sebelum Telat Haid, Apa Kamu Mengalaminya?

Ini 7 Tanda Hamil Sebelum Telat Haid, Apa Kamu Mengalaminya?

Beberapa perempuan pasti akan menyadari beberapa perubahan pada bentuk tubuhnya setelah mengetahui dirinya hamil. Salah satu tanda kehamilan yang paling sering dialami yaitu telatnya haid. Namun, telat haid bukan menjadi satu-satunya tanda munculnya kehamilan. Terdapat beberapa tanda hamil sebelum haid yang juga dapat mengindikasikan kehamilan.

Terjadinya sebuah kehamilan, dimulai dari implantasi yang terjadi saat ovum menempel pada lapisan rahim. Implantasi ini merangsang produksi hCG dengan jumlah hormon yang jumlahnya akan semakin besar pada awal kehamilan. Kemudian Hormon human chorionic gonadotropin (hCG) akan merangsang produksi hormon estrogen.

Lalu, kedua hormon tersebut akan menyebabkan banyak gejala awal kehamilan. Agar kamu bisa lebih paham tentang kapan gejala kehamilan dimulai dan apa saja tanda hamil sebelum telat haid, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Kapan Gejala Kehamilan Dimulai?

Tanda-tanda kehamilan yang sangat awal mungkin muncul sebelum kamu melewatkan menstruasi dari beberapa hari setelah pembuahan. Tanda hamil sebelum telat haid lainnya yaitu seperti munculnya bercak yang akan muncul sekitar satu minggu setelah sel sperma bertemu dengan ovum. Mungkin kamu tidak menyadari tanda-tanda awal kehamilan selama beberapa minggu.

Terdapat beberapa orang yang hanya mengalami sedikit saja tanda kehamilan dan ada juga yang mengalami banyak tanda kehamilan. Jika kamu melewatkan menstruasi, mengalami kelelahan, merasa mual di pagi hari, serta mendapati munculnya bercak, maka kamu dapat melakukan tes kehamilan di rumah. Lalu setelah itu kamu bisa pergi ke dokter kandungan untuk melakukan tes darah atau USG.

Tanda Mengetahui Hamil Sebelum Telat Haid

Meskipun tanda kehamilan pada setiap wanita bisa berbeda, gejala awal ini bisa muncul lebih dulu bahkan sebelum kamu terlambat haid. Lantas, apa saja tanda hamil sebelum telat haid? Berikut beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan.

  1. Pendarahan Implantasi

Pendarahan ringan atau munculnya bercak darah di awal kehamilan sering disalahartikan sebagai darah haid. Padahal ini adalah pendarahan implantasi yang disebabkan oleh meningkatnya hormon hCG dalam tubuh.

Hal ini biasanya terjadi selama 6 hingga 12 hari setelah pembuahan dan menjadi tanda bahwa embrio telah menempel pada dinding rahim.

  1. Enggan makan atau mengidam makanan

Ketika hamil, hidung cenderung lebih sensitif. Sehingga kamu bisa tidak menyukai aroma makanan yang sebelumnya kamu sukai. Atau bahkan kamu bisa tiba-tiba menyukai makanan tertentu yang disebut dengan istilah ngidam.

  1. Mulas

Mulas adalah gejala kehamilan yang muncul sekitar bulan ke-2. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron dan relaksin yang dimana berfungsi untuk mengendurkan jaringan otot polos di seluruh tubuh.

  1. Perubahan payudara

Payudara bengkak serta areola yang menggelap merupakan tanda hamil sebelum haid di awal kehamilan. Gejala ini bisa terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh kamu.

  1. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati atau yang biasanya disebut dengan mood swing juga bisa menjadi tanda hamil sebelum telat haid. Contohnya seperti meningkatnya kecemasan, sering menangis, atau perubahan tingkat energi. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormon. Ketika mengalami hal ini kamu harus istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tidur yang cukup.

  1. Morning sickness

Morning sickness atau rasa mual bisa menyerang kapan saja dan sepanjang hari pada ibu hamil. Gejala ini biasanya dimulai ketika usia kehamilan kamu sudah mencapai 6 minggu.

  1. Merasa lelah

Kelelahan merupakan gejala awal kehamilan yang dialami hampir setiap calon ibu. Hal ini dikarenakan saat hamil, sebagian besar energi digunakan untuk membentuk plasenta. Hal ini dapat membuat kamu berhenti beraktivitas seperti biasa.Demikian ulasan mengenai tanda sebelum telat haid. Jadi, dari beberapa tanda di atas, mana yang sudah kamu alami? Jika kamu mengalami beberapa tanda di atas, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi yang kamu alami. Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://yoona.id/blog/tanda-tanda-hamil-sebelum-telat-haid-yuk-simak/

https://www.idntimes.com/health/medical/seo-intern/tanda-hamil-sebelum-telat-haid

Leave a Reply