5 Buah Penurun Kolesterol, Dijamin Ampuh!

5 Buah Penurun Kolesterol, Dijamin Ampuh!

Sering mengonsumsi makanan cepat saji? Awas, bahaya kolesterol bisa menanti. Jika tidak terkontrol, kamu bisa terkena serangan jantung.

Kalau kamu sulit menghentikan konsumsi fast food, kamu bisa menguranginya. Adapun jika kamu masih ingin tetap mengonsumsi fast food, ada baiknya kamu menyeimbangkannya dengan buah-buahan yang bisa menurunkan kolesterol. Apa saja buah penurun kolesterol? Yuk, kenali buah penurun kolesterol paling ampuh lewat artikel ini!

Buah Penurun Kolesterol

Buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah buah penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

  1. Apel

Apel mengandung serat yang bernama pektin. Serat ini bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, terutama kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh. Bukan cuma itu, apel juga mengandung polifenol yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.

  1. Anggur

Sama seperti apel, anggur kaya akan pektin dan antioksidan. Pektin dapat menurunkan kolesterol hingga 10%, sementara antioksidan dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Akibatnya, penyakit jantung bisa terhindari.

  1. Pepaya

Sebagai orang Indonesia yang memiliki akses mudah terhadap pepaya, kamu patut bersyukur. Sebab, buah ini bisa menurunkan kolesterol.

Pepaya adalah buah yang kaya akan serat. Sehingga, pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengontrol tekanan darah.

  1. Jeruk

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah jeruk. Buah ini ternyata mengandung serat dan senyawa limonoid  yang dapat menurunkan kolesterol tidak baik dalam tubuh. Bukan hanya jeruk, manfaat penurun kolesterol juga bisa diperoleh dari buah-buah setipe jeruk lainnya seperti lemon dan jeruk nipis.

  1. Alpukat

Alpukat ternyata bisa menurunkan kolesterol dengan cara menaikkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh. 

Makanan Lain yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Bukan cuma buah, ada juga makanan lain yang bisa menurunkan kolesterol. Efek penurun kolesterolnya pun sama efektifnya seperti buah-buahan.

Makanan penurun kolesterol apa saja itu? Ini dia contohnya:

  1. Kacang

Kacang, makanan yang sering dihindari karena dapat menyebabkan jerawat ini ternyata bisa menurunkan kolesterol. Jika kamu mengonsumsi 2 ons kacang sehari, kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu akan berkurang sekitar 5%. 

Kacang yang paling bermanfaat dalam menurunkan kolesterol adalah kacang almond dan kacang walnut. Almond mengandung asam amino arginine yang berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi oksida nitrat sebagai penurun tekanan darah. Sementara itu, walnut mengandung omega 3 yang bisa menjaga kesehatan jantung.

  1. Ikan berlemak (fatty fish)

Jika kamu suka ikan, kamu sangat beruntung. Sebab ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna bisa menurunkan kolesterol.

Fatty fish kaya akan omega-3. Omega-3 bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Jika kamu mengonsumsi ikan berlemak setidaknya sekali seminggu, kamu dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 27%.

  1. Biji-bijian utuh (whole grain)

Makanan biji-bijian seperti oat dan barley dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung sebesar 20%. Ini karena oat dan barley sama-sama mengandung beta-glucan yang bisa menurunkan kolesterol.

Buah penurun kolesterol jika kamu konsumsi secara rutin dapat menghindari penyakit jantung dan stroke. Jika kamu ingin bahagia karena sehat selalu, yuk jadwalkan konsumsi buah penurun kolesterol dalam menu makan sehari-harimu!

Leave a Reply